latest Post

Mengapa Bentuk Smartphone Persegi Panjang?


Di kepalaku tuh kadang terbesit pertanyaan aneh. Dan rasanya pengen cari tau gitu jawabannya apa.

Ya meskipun sebenarnya bisa jawab sendiri sih, tapi penasaran aja. Ada jawaban lain ga? atau mungkin jangan jangan jawabannya lebih dari yang aku pikirkan.

Salah satu pertanyaan simpel yang tiba tiba muncul di pikiranku yaitu
“Mengapa bentuk smartphone persegi panjang?”
Kalian tau?
Mungkin ada yang heran, atau mungkin ada yang ngerasa udah tau.
Jangan anggap remeh masalah kayagini,

Kalian tahu ga? Mereka mereka yang bikin smartphone sangat mempertimbangkan bentuk fisik smartphone loh, dan alhasil bentuk persegi panjang seperti yang sekarang ini yang terpilih.
Berikut adalah analisis jawaban mengapa bentuk smartphone persegi panjang?

1. Karena mengikuti pendahulunya
Yang dimaksud pendahulu yaitu orang tuanya smartphone yang tidak lain tidak bukan adalah ponsel jadul. Bisa dilihat di gambar bagaimana bentuk dari ponsel dan bagaimana perkembangan bentuknya.

Persegi panjang kan?? Ya, itu menjadi salah satu alasan mengapa smartphone berbentuk persegi panjang

2. Enak ngeliatnya
Bicara tentang enak dilihat, setiap orang emang sih punya kriteria masing-masing. Termasuk kamu mungkin juga. Kadang ada yang enak melihat sesuatu yang bulet contoh tahu bulat, terus kaos motif polkadot. Ada juga yang enaknya ama yang kotak-kotak, kayak baju motif kotak-kotak. 
Tapi untuk urusan smartphone pasti kamu semua sepakat deh, kalo bentuk persegi panjang itu bentuk yang paling enak diliat. Iya lah, ngaku aja!

Soalnya untuk bentuk persegi panjang ini efeknya layar smartphone jadi terlihat lebih luas, beda ama persegi atau lingkaran.
Bayangin aja deh, kalo layar smartphonemu bentuknya lingkaran. Terus buat nonton-nonton youtube. Pasti ga enak gitu tampilannya. Kurang puas!

3. Faktor Perbandingan
Ada proporsi perbandingan panjang dan lebar layar smartphone yang pas dan nyaman bagi mata manusia, perbandingan panjang dan lebarnya yaitu 16:9 kalo ga ya yang deket deket perbandingan itu deh, makanya smartphone dibuat sedemikian rupa berbagai merk bentuknya hampir sama.

Dan kebanyakan game, video tuh pakainya perbandingan 16:9. Jadi pas gitu di layar smartphone.

4. tentang Simetris

Manusia tuh suka ngeliat sesuatu yang simetris, kalo ada yang ga simetris tuh rasanya ada yg aneh gitu, ga nyaman. Nah, katanya nih katanya (gatau siapa yang ngomong) ternyata melihat huruf-huruf berderet pada persegi panjang akan bikin mata kita nyaman, juga bentuk persegi panjang ga bikin huruf keluar frame, jadinya lebih rapi. Bayangin deh kalo baca artikel di layar yang bentuknya lingkaran, pasti nanti ada huruf huruf yang kepotong di tepiannya.


5. piksel berbentuk persegi

Yampilan di smartphone itu tersusun dari piksel, piksel ini berbentuk kotak. karena piksel bentuknya kotak, makanya tampilan bakalan lebih bagus kalo piksel mengisi bentuk layar persegi panjang, daripada bentuk lingkaran.

6.Persegi panjang lebih luas daripada lingkaran
Kalo dikalkulasiin, persegi panjang tuh lebih luas daripada lingkaran, makanya persegi panjang bisa lebih banyak nampung huruf.

Kalo bentuknya lingkaran udah pasti banyak bidang yang mubadzir ga terisi huruf. ya kaan??

7. Lebih enak dipegang

kalo bentuknya persegi panjang kan enak pegangnya, ga gampang jatuh lagi. Coba bayangin kalo smartphone bentuknya lingkaran, susah ga tuh pegangnya, bawanya??
sumber : wittyfeed



Gimana? jawabannya udah memuaskan belum??
Atau ada yang tau jawaban lain Mengapa Bentuk Smartphone Persegi Panjang?
Tulis di komentar!

Iezel

About Iezel lee

Iezel lee

0 komentar:

Posting Komentar