latest Post

Cara Mengganti blogspot.com Menjadi Domain Pribadi (GRATIS)

Artikel ini akan membahas gimana sih caranya mendapatkan domain gratis??
Kalau berbicara domain artinya saya hanya akan membahas domain, tidak sampai ke pembahasan hosting. Tentu kalian tau kan Domain itu apa? Hosting itu Apa? Trus bedanya domain dengan hosting?

Kalau belum tau coba baca ini :

Domain dan Hosting, bedanya apa sih??
Mau tau gimana caranya??

Catatan : Tutorial yang saya jelaskan adalah cara mendapatkan domain gratis, serta step - step untuk dipakai di platform blogspot, Bagi yang menggunakan platform lain (misal wordpress, atau hosting pribadi, silahkan tunggu artikel berikutnya atau cari aja di google) haha


Kalian udah punya blogspot?

Kalau belum silakan daftar dulu di blogger.com

Kalau udah punya blogspot lanjutin ke langkah ini

Cara Mengganti Blogspot.Com dengan Domain Pribadi (Gratis)


Di bawah ini adalah tutorial lengkap dan nggak pake ribet cara mengganti subdomain .blogspot.com dengan domain pribadi yang GRATIS.
Apa iya ada? Ada lah
Saya ada sedikit bocoran informasi bahwa di luar sana ada banyak perusahaan yang mau memberikan domain gratis.

Sebut saja niagahoster, dan hostinger (aku ambil contoh ini karena yang biasanya muncul di awal halaman search google), namun menurut saya untuk mendapatkan domain gratis di penyedia domain ini agak susah. Karena meskipun mereka memakai embel embel domain gratis, tetap saja ada tahapan yang harus dilakukan, missal me-like fb fanspage, men-share link website mereka. Kemudian yang mendapatkan web gratisnya pun hanya yang mereka pilih saja. Gimana? Fair ga menurut kalian? Ya itu terserah bagaimana kalian menilainya. Dan mau mencoba atau tidak pun itu terserah kalian.



Kemudian saya coba-coba untuk meng-klik salah satu alamat web penyedia domain yang berasal dari luar negeri, yaitu freenom.com dan alhasil saya berhasil mendapatkan nama domain pribadi secara GRATIS, tanpa perlu alih – alih kita menshare atau melike fb fanspage sama sekali. Serta mendapatkan domainnya pun langsung, tanpa gambling, Cuma meluangkan waktu sekitar 10 menit, domain yang diinginkan bisa didapat dan langsung aktif, untuk satu tahun pula.


emangnya harus pake domain pribadi?


Ya ga harus sih,

Tapi kalau mau lebih keliatan kece bagusan pake domain pribadi.
Alamat blog jadi lebih pendek
udah gitu jadi lebih mudah diingat
Lebih terlihat profesional dan tidak pasaran
jadinya kan lebih semangat mengurus blog

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengganti alamat blogmu dengan domain pribadi adalah mendaftarkan nama domain di penyedia nama domain.
Penyedia domain gratis yang saya maksud yaitu Freenom.
Blog saya yang ini domainnya dapet karena mendaftarkan di Freenom.com

Gimana cara daftarnya?

Sebelum mendaftar ada baiknya anda mempertimbangkan dulu, mau pakai domain gratis atau engga soalnya

Baca :



Langsung saja disimak di bawah ini:


Step Pembuatan Domain Pribadi Gratis


Langkah #1 Login ke akun Freenom.


silakan bisa pake FB atau akun Google


Langkah #2 Buat domain yang baru,


caranya klik service -> Register a New Domain


Langkah #3 Isikan nama domain yang diinginkan (tanpa ekstensi)


lalu akan muncul berbagai nama domain yang tersedia.



Pilih salah satu (yang gratis pastinya) dengan klik "get it now" , lalu jika sudah "selected" klik checkout.


Langkah #4 Lengkapi dan isi dengan benar pilihan pilihan pada formulir cart.php, 


pada pilihan "forward this domain or Use DNS" pilihlah "use DNS"



Pada pilihan Period pilihlah 12 Month @Free
Lalu pada opsi DNS, yang dipilih adalah "Use your own DNS"
Untuk memasukkan A Record bukalah akun blogger anda, lalu klik Setelan -> Dasar, pada menu Alamat Blog pilih set 3rd Party, 

lalu isikan alamat domain Anda yang barusan bikin di freenom.com lalu simpan (jangan diclose dulu soalnya mau dipakai di langkah #6).Nah disitu akan muncul data CNAME, copy data tersebut dan masukkan ke formulir cart.php tadi. kemudian jangan lupa Simpan IP Address anda karena nanti digunakan untuk manage DNS.  
IP Address berada di bawah sendiri setelah tulisan "Complete Order"
Lalu klik "Complete Order"


Langkah #5 Setting DNS


Klik Service -> My Domains -> lalu klik "Manage Freenom DNS"
Setelah itu pada kolom Add Record, masukkan IP Address yang tadi anda ke copy ke kolom target.
lalu klik "+More Records" kemudian pada kolom "type" ganti "a" menjadi "CNAME",
lalu masukkan data CNAME yang ada di Blogger anda ke kolom tersebut, CNAME ada dua yaitu www dan yang kode blog.
Setelah itu klik Save Changes.


Langkah #6 Balik ke Blogger, Simpan nama Domain Pribadi


ulangi klik Simpan, (jika keadaan tadi belum di close) dan Jeng jeng..
Domain anda sudah berubah dari blogspot.com menjadi domain pribadi.
Agar Domain anda dapat dibuka tanpa mengetik www, pada domain pribadi klik edit, lalu centang pilihan alihkan domain ke www.domain

Kabarin di komentar ya gan, kalo udah jadi..
tp jangan ngasih link hidup..kalo ngasih link hidup ntar aku delete..haha

Iezel lee

About Iezel lee

Iezel lee

30 komentar:

  1. oh freenom toh, kalau domain gratis ane angkat tangan dah konyol ntar endingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagi kisah endingnya gan...gue baru nyoba skrg

      Hapus
  2. jujur ya gan ending pake freenom bikin ane sedih dah..
    traffic blog yang 1 nya ampe anjlok udeh kaya Senja Utama wkwk

    btw, thanks info nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kok bisa??
      jadi mikir mikir lagi nih..
      sama2

      Hapus
  3. ane juga punya domain gratis tp baru tau cara pasangnya. btw makasih infonya

    BalasHapus
  4. Share jga dong buat domain gratisan .xyz sama .top, katanya ada yg gratisan setahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ditunggu ya gan, nanti saya posting..bukan katanya gan.
      Emang bener gratis Setahun, Saya udah dapet. bisa di cek blog saya yang .xyz di www.iezel.xyz..
      Itu emang dapet GRATIS

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Nyoba daftar freenom dg hp gk pernah sukses, ��������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya agak susah gan, soalnya banyak pake javascript webnya, lewat kompi aja biar lancar

      Hapus
  7. gan itu yang yang type A targetnya diisi apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. diisi IP Address yang dibawah tulisan Complete Order gan, atau kalo ga IP Address Google juga bisa.
      kalo ga sempet ngecopy IP Addressnya pake yang ini aja
      216.239.32.21
      216.239.34.21
      216.239.36.21
      216.239.38.21

      Hapus
  8. wihh domain gratos nih dr freenom, dlu ane jg pernah gunaiinnya diblog lama tp dah ane ganti krena kata orang domainnya ada klemahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, gratis..emang banyak sih gan kelemahannya..dan saya tetep make juga karena udah melewati beberapa pertimbangan gan..
      saya jelasin di postingan ini
      5 Hal Mengapa Anda Seharusnya TIDAK menggunakan Domain Gratis

      Hapus
  9. yah telat gan udah keburu beli domain duluan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa gan, lagian juga gratisan katanya banyak kekurangannya..

      Hapus
  10. bedanya apa ama yang di blogspot

    BalasHapus
    Balasan
    1. bedanya cuma di namanya..punya saya kalo blogspot kan iezel.blogspot.com
      tapi kalo domain ini jadi pendek..cuman iezel.ga

      Hapus