latest Post

Apakah Dual Boot Aman?

Artikel ini saya buat setelah berbulan-bulan blog ini saya telantarkan dan saya lihat, waw masih ada pengunjungnya. Yasudah jadinya saya mantapkan untuk melanjutkan mengisi blog saya yang ini dengan tema komputer.
Sekedar informasi buat teman-teman, bahwa saya sudah dari awal itu laptopnya menggunakan dual boot. Mungkin temen-temen yang lain juga pada pernah dual boot juga, nah bagi yang belum pernah silakan nih baca dulu biar tau apa itu dual boot.
apakah dual boot aman

Apa itu Dual Boot?

Dilihat dari namanya, dual boot itu terdiri kata dual dan boot. dual itu dobel/dua. nah Boot itu bisa dibilang proses PC/Laptop menyala dan hendak masuk ke OS.
Sehingga bisa kita artikan suatu pc/laptop dual boot yaitu PC/Laptop yang bisa melakukan dua booting. Yaitu ke OS yang satu atau ke yang lainnya.
Ya secara singkatnya PC/Laptop yang didalamnya terinstall dua Operating System.
Misalnya Windows 7 dengan Linux, atau Windows XP dengan Windows 7, Windows 10 dengan Linux dan lain-lain. Paham kan?

Setelah tahu apa itu dual boot, kita beranjak ke Pertanyaan utama, yaitu Apakah dual boot aman?

Apakah dual Boot Aman?

Sejauh ini banyak sekali mitos yang beredar di kalangan warga internet yang membuat beberapa orang pikir-pikir untuk melakukan dual boot atau tidak. Untuk itu, sebagai pengguna dual boot sejati, wkwk (saya selalu dual boot, terakhir saya dual boot windows 7 dengan linux Fedora, mungkin lain kali akan saya bagikan tutorial untuk melakukan dual boot)

Saya ingin membagikan pengalaman saya menggunakan dual boot, (pengalaman yang akhir-akhir ini saja)
1. Pengalaman dual boot windows 7 dengan windows xp
Saya melakukan dual boot ini ketika RAM laptop saya cuma 1GB, sehingga merasa perlu untuk menginstal OS windows XP yang notabennya begitu ringan, RAM saja untuk menjalankan Windows XP hanya perlu 200an MB saja jadi sisanya terasa lega banget. Dan benar saja selama penggunaan windows XP itu rasanya ringan sekali, untuk browsing, main DOTA Warcraft juga lancar jaya.
ya bisa dibilang performance sangat bagus.
Nah kenapa saya memasang dual boot dengan windows 7? karena waktu itu saya ada perlu untuk menginstall software editing video dan edit foto. Nah jadi di windows 7 ini saya hanya mengisi software tersebut. Meskipun terasa maksa, namun ya mending lah karena software yang saya install di Windows 7 ini tidak banyak.

2. Pengalaman dual boot windows 7 dengan Linux Kitkat
Setelah saya pikir-pikir, akhirnya saya memutuskan untuk menghapus OS windows XP karena makin banyak software yang tidak kompatibel, termasuk Wireles Driver juga tidak compatibel, kadang tidak bisa nyambung ke WIFI kosan temen. Kan ribet, apalagi kalau untuk browsing pake windows 7 punya saya, rasanya berat. Jadi saya mencoba pindah ke Linux, yang versi android kitkat modifikasi.
Pengalaman saya mengenai Linux kitkat ini kurang baik, karena banyak sekali APK yang tidak compatibel, dan gagal untuk dibuka. Sehingga saya coba ganti lagi, namun masih keluarga Linux, yaitu Linux Fedora

3. Pengalaman dual boot Windows 7 dengan Linux Fedora
Nah, ini dia kombinasi dual boot yang menurut saya terbaik. Linux fedora ini open Source dan saya bikin agak mirip dengan Mac OS. (Kalau sempat nanti akan saya siapkan tutorialnya)
Fedora ini sudah cukup stabil, dan drivernya juga bagus. WIFI lancar jaya, suara OK, grafik masuk lah (FYI : Laptop saya laptop jadul, Acer 4738z)
Nah makanya saya biarkan pake kombinasi dual boot tersebut sampai sekarang.

Begitu pengalaman singkat Dual boot saya, Oh iya mungkin kalian akan bertanya

Kenapa saya dual boot tetap mempertahankan OS Windows 7?

Jawabannya adalah karena Windows 7 adalah OS windows terbaik menurut saya. Tampilannya simpel, fiturnya banyak, stabil. Banyak Aplikasi udah bisa compatible, cukup kuat dari virus, ga gampang ngeLAG, lah pokoknya windows 7 ini yang paling keren deh. Drivernya juga cukup gampang nyarinya.
Setelah merasakan berbagai dual boot, saatnya saya memberikan review saya mengenai dual boot ini

1. Apakah dual boot aman untuk Hardisk?

Jawabannya adalah "aman",
Kenapa saya beri tanda kutip, karena di proses dual boot ini ada yang bikin tidak aman adalah sebenarnya pada saat proses formating, atau kegiatan write ke disknya.
Misalkan anda berkali-kali melakukan format hardisk nah disitu hardisk anda akan rentan terkena bad sector. saya kan tidak sering. Ga tiap minggu saya format. Ini aja ganti dari dual boot XP mulai ke Linux juga udah setelah tiga tahunan. Jadi Hardisk masih bagus sampe sekarang.
Pastikan juga saat proses penginstallan dual boot batere laptop anda cukup. Laptop mati tiba-tiba juga menjadi penyebab rusaknya hardisk. Hati-hati.

2. Apakah Dual Boot aman untuk RAM?

Jawabannya adalah aman.
Atau bisa dibilang tidak ada pengaruhnya sama sekali, Karena RAM bekerja hanya saat masuk OS.
Nah dual boot kan hanya satu OS saja yang aktif, yang satunya bisa dibilang idle atau tidak aktif. Sehingga dalam hal penggunaan RAM mau dual boot ataupun single boot itu sama saja.

3. Apakah Dual boot aman untuk Processor

Ini juga jawabannya aman dan sama seperti nomer dua.
Karena dual boot itu OS yang satu saja yang aktif, yang satunya tidak aktif. Maka dalam hal keamanan terhadap Processor itu sama saja seperti singleboot.

Jadi sudah terjawab bukan pertanyaan utama kalian?
Nah kalau nanti anda punya pertanyaan lagi misalnya

Apakah Efek dari Dual Boot?

Bagaimana efek dari dual boot ini terhadap PC/Laptop anda,
Berikut ini adalah beberapa efek yang mungkin terjadi pada laptop dual boot :
1. Penggunaan ruang Hardisk
Tentu saja, kalau tadinya hanya butuh ruang penyimpanan untuk satu OS 20 GB, maka karena ini dual boot maka anda perlu ruang tambahan lagi untuk menginstall OS satunya. Jadi dampak pertama adalah ke penyimpanan yang mungkin akan lebih cepat habis. Maka kalau hardisk anda kapasitasnya kecil mending gausah dibikin dual boot. (FYI : Kapasitas hardisk saya 320 GB)

2. Perlu pengetahuan lebih tentang booting, grub, boot loader
Ini efek berikutnya, anda dituntut agar tahu tentang booting, grub, boot loader. Jadi nanti kalo sewaktu-waktu ada eror waktu mau booting anda bisa lebih tahu cara menanganinya.

3. Ga ada efek lain yang signifikan
Bisa dibilang karena dual boot ini prinsipnya ya seperti singleboot. Karena ketika satu OS dipilih untuk dijalankan, OS yang lain dibilang tidak aktif sehingga tidak berpengaruh apa-apa.

Nah sebagai tambahan pertimbangan anda untuk melakukan dual boot. Silakan anda baca topik selanjutnya

Kelebihan dan Kekurangan Dual Boot

Berikut ini beberapa daftar kelebihan yang saya dapatkan selama melakukan dual boot pada laptop saya

1. Manajemen penggunaan lebih baik
Ketika di OS Linux saya fokus untuk mengerjakan blogging, serta melakukan surfing di dunia maya saya jadi fokus hanya melakukan itu. Karena ya aplikasi lain tidak ada yang mengganggu. Beda ketika hanya satu OS dan semua aplikasi bisa dipakai. Lagi browsing tahu-tahu lihat editing photo eh jadi pengen, atau ada game. Nah kan mending dual boot, biar bisa fokus sama niat kita.

2. Keamanan data lebih baik
Jika di OS yang satu anda gunakan hanya untuk main-main nah anda bisa menggunakan yang satunya untuk bekerja. Jadi datanya tidak saling bercampur. Nah ketika OS yang satu kena virus. Datanya jadi masih aman deh di OS satunya

3. Hemat
Anda bisa dapet paket komplit untuk penggunaan software, misal di linux dan di Windows sekaligus hanya pada 1 PC kan sama kayak anda punya dua PC hehehe.

4. Lebih keren
Anda jadi terlihat jago main komputer wkwkwk Apa lagi ini

5. Ga gampang bosen
Tampilan OS windows dengan linux itu beda., Jadinya ga melulu gitu-gitu aja. dengan pasang dual boot anda jadi lebih betah mainan laptop, ga ngebosenin

Dah segitu aja dulu mungkin sih

Selanjutnya di kekurangannya
1. Hardisk jadi dikit
Nah ini mungkin kekurangannya, sudah saya jelasin tadi kan ya, logikanya kalo satu OS bisa ngabisin 15 GB, kalau mau nginstal dua OS berarti akan menghabiskan lebih banyak pemakaian Hardisk.

2. Agak ada ribet dikit saat menginstallnya.
Karena ada teknik tersendiri agar dual booting berjalan dengan lancar.

3. Perlu manual memilih salah satu OS untuk booting
Nah ini menurut saya juga jadi kekurangan pada dual booting. Anda jadi perlu menekan dulu memilih OS mana yang akan di Load. Kalau anda telat menekan yah secara otomatis anda akan masuk ke OS yang di posisi atas. Hehe..
Ya sekian dulu artikel saya mengenai dual booting ini. Kalau anda punya beberapa pendapat atau masukan silakan saja tulis di kolom komentar ya. Monggooo

About Iezel lee

Iezel lee

0 komentar:

Posting Komentar