latest Post

Kesendirian - Awal Mula Kesepian???

Beberapa bulan yang lalu mungkin lebih tepatnya ketika aku udah ga ngekos, aku menemukan bahwa musim – musim berjalan lambat, dan hari – hari menjadi terasa panjang.

Kemudian aku merasa ada suatu rasa sakit entah dimana, jadi aku melampiaskan perasaan aneh ini dengan baca buku, nonton film, main ps, blogging. Dan kata mereka, ini namanya sakit “Kesepian”

ketika aku baca baca kisah di blog-blog orang lain, ternyata banyak juga yang merasakan hal kaya gini.

“It is probably not a big problem..but although that, it need to be solved..
Because it maybe kill you..”

Ga percaya??

Lu pikir orang-orang yang bunuh diri itu karena apa??

Sebelum menyelesaikan masalah, kita kenali dulu masalahnya apa..

Kesepian


Fotoku waktu di waduk mrica
Mungkin banyak yang mengira kesepian itu sama aja sama kesendirian,

Dan sempet juga sih aku ngartiin kesepian tuh gini “kesepian itu suatu perasaan merasa ada yang kurang, tapi entah apa dan kemudian menganggap perasaan itu muncul karena kesendirian”

Nah, kemudian aku perlu mengoreksi nih, apa iya kesepian itu karena “kesendirian??”
Menurut berbagai sumber, kesepian itu artinya

1. Baron & Byrne (2000), kesepian adalah suatu reaksi emosional dan kognitif karena memiliki hubungan sosial yang lebih sedikit dan kurang memuaskan dibandingkan yang diinginkannya

2. Bruno, (dalam Dayakisni, 2003), kesepian dapat berarti suatu keadaan mental dan emosional  yang terutama dicirikan oleh adanya perasaan-perasaan terasing dan kurangnya hubungan yang bermakna dengan orang lain.

3. Peplau & Perlman (dalam Brehm, 2002), kesepian merupakan perasaan kekurangan dan ketidakpuasan karena adanya kesenjangan antara hubungan sosial yang kita inginkan dengan hubungan sosial yang kita miliki

4. Taylor, Peplau, & Sears (2000) kekurangan yang menyebabkan kesepian bisa karena kuantitatif, misal seseorang yang tidak memiliki teman ataupun sedikit teman dibandingkan yang diinginkannya. Atau karena Kualitatif, misal seseorang yang merasa bahwa hubungan sosial yang dibinanya hanya bersifat seadanya saja (superficial) atau dirasakan kurang memuaskan dibanding yang diinginkannya.

Nah, setelah baca kata-kata para ahli, aku jadi kepikiran..kayaknya masalahnya bukan karena kesendirian deh..

Penyebab kesepian itu lebih ditekanin pada hasrat atau perasaan orang itu sendiri..

Maybe I was wrong, but it necessary to see the truth

Sekarang karena masalahnya pada perasaan diri, cara mengatasinya gimana??

Ya liat konteksnya dulu..

keadaan kesepian itu bagaimana, hanya orang yang merasakannya yang tahu..
dan orang yang tahu rasanya gimana, ya kamu sendiri..

Pahami dulu betul-betul masalahnya apa..

Jangan terburu-buru untuk mencari tips atau meminta saran dari teman..

Karena bisa saja hal ini akan menjadi bagian terpenting dalam hidupmu, “kesendirian” ini.

terakhir, apa iya kesepian itu harus dihilangkan/dibuang??

Dan aku mulai mencoba memahami apa yang aku rasain, aku inginin..

Lalu terbesit pikiran gini,

“kesepian itu hal yang manusiawi, karena manusia punya keinginan..iya kan??
Lalu kenapa aku harus mempermasalahkan hal ini??”

Ettsss..iya sih, emang..kesepianku berawal karena keinginan yang tidak sesuai dengan realita..

Dan ini pasti banyak orang yang merasakan, yang jadi masalah itu kalo kita biarin diri kita terlarut ama kesepian..

Aku pernah terlarut ama kesepian, contohnya gini 

“Aku ngerasa ga ada orang yang bener bener cinta sama aku, trus aku berharap di cinta ama seseorang..
Sampe sampe pas di kendaraan umum tiba – tiba aku berharap banget ada cewek yang tiba – tiba duduk di sampingku trus jatuh cinta sama aku”

Got It, Damn!! 

Lalu aku mikirin nih, gimana biar aku ga terlarut ama rasa kesepian kayagini..

Salah satu cara bagi aku adalah membuang sumber kesepian itu!!

Buang cewe cewe di bus??
Ga lah haha..percuma, di terminal juga pasti ada cewe..
Buang semua cewe di dunia??
Stop it man! don’t be stupid man.. (coba ucapin, keren loh haha)

Buang rasa berharap itu..!!
Untuk saat ini, hal itu yang terbaik bagi aku..
Gimana bisa, aku kan cowo..pasti pengen cewe lah!!
Ya, tapi ga perlu dipikirin terus dan dirasain terus..!
Okesip..mudeng!

Mungkin ada cara lain yang terbesit di pikiranku sih, tapi aku ga melakukan karena aku ga berani..
Gini, kan masalahnya aku pengen ada yang cinta, ya cara menyelesaikan masalah itu tinggal berusaha bikin ada yang cinta,,
Dan itu aku, takut menjadi palsu (red: kata tipuan untuk takut berusaha)!
(The end..)

Itu curhatanku, dan kalian pasti bakal tau solusi terbaik untuk nyelesaiin masalah kamu..

Dan suatu kalimat kesimpulan dariku yang bisa kamu terka ulang kebenarannya yaitu..

“Kesendirian bukan awal dari kesepian!! Kesendirian hanyalah suatu momen terbaik dimana kita bisa memahami diri kita.”

Jadi bagi kalian yang kesepian pada saat berada dalam kesendiriran, jangan terburu-buru untuk mengakhiri kesendirian dengan berpacaran lagi, atau dengan main ke sana dan ke sini, apalagi bunuh diri (Bodoh)!! Dunia ini indah sobat,
Nikmati dulu lah kesendirian itu, nikmat deh beneran,.

Bodoamat ama cewe sekarang mah, ada yang cinta ya syukur..ga ada juga gapapa..

Curhatan tambahan
Yang lagi aku lakuin saat kesendirian ini yaitu
1. Baca buku
Ternyata wawasan aku dikit banget..makanya kesendirian pas banget buat ngembangin wawasan..
2. Nikmatin hobi
Saat sendiri aku nemuin kalo hobi aku ternyata main di internet..sekarang aku punya 4 blog aktif, dan aku senang walaupun penghasilan ga ada..(sebenarnya ada sih dikit dikit)
3. Merenung sambil ngopi terus ngerokok
Wihhh segerrr benerrr
Apa yang kamu lakuin kala sendiri?? Yuk saling cerita,

Tulisan diaatas hanya pendapat pribadi, so kalau kamu punya pendapat lain, sangat dibolehkan untuk menuliskannya di komentar..
Makasih!

Iezel Lee

About Iezel lee

Iezel lee

4 komentar: