latest Post

Domain dan Hosting, bedanya apa sih??

Hosting dan Domain, sering denger kata ini? bagi kita yang sering berkecimpung dengan dunia blogging pasti ga asing ama kata tersebut. Tapi, sebenarnya apa sih hosting dan domain itu??

Sebagai informasi buat kalian apalagi yang pengen punya blog, atau website. tak ada salahnya untuk memahami apa itu domain apa itu hosting agar bisa lebih tepat dalam memilih fasilitas yang ada di internet.
Hosting dan domain memang sering dipakai untuk dunia blogging, namun kedua hal ini tuh beda, ya walaupun bisa menjadi satu kesatuan. Alias kita pake keduanya buat ngeblog.
Artikel ini akan menjelaskan mengenai hosting dan domain, serta perbedaannya.


Hosting


Hosting berperan penting dalam sebuah website/blog, yang mana hosting ini merupakan tempat penyimpanan data atau file yang diperlukan dalam membangun web atau blog. Hosting adalah server, yang secara fisik itu sendiri sama seperti komputer biasa, memiliki Hard disk, RAM, Prosesor, dll. Namun memiliki spesifikasi yang tinggi tentunya.
Nah jadi kalo pengen punya website atau blog, kalian sewa hosting agar data-data website kalian bisa di akses di internet. Data-data yang dimaksud yaitu meliputi file - file Website dan coding PHP, HTML, JAVASCRIPT, AJAX dll.
Di dunia ini banyak yang menyediakan jasa sewa hosting berbayar, yang biasanya disewa untuk keperluan membuat website yang kita inginkan.
Namun kalau ingin yang gratisan, kita bisa membuat blog tanpa perlu menyewa hosting melalui platform blogger.com, wordpress.com. namun tentunya kita harus mengikuti syarat dan ketentuan yang telah mereka buat. karena kalo melanggar, mereka bisa aja menghapus blog-mu.


Domain


Tadi kan bicara hosting, sekarang domain. Domain itu nama yang ketentuannya diatur oleh badan regulasi domain dunia. Nama domain ini yang akan mengarahkan ke alamat IP server hosting, sehingga saat anda mengetikan nama domain, yang anda akses adalah server IP yang dituju. Sehingga data - data yang kamu punya dapat diakses.
contoh domain tuh nama www.google.com, kalo kita telusuri sebenarnya alamat tersebut menuju ke alamat IP 173.194.69.94 yang mana merupakan server google. Coba aja copy paste alamat ip tersebut ke url browser kalian terus kalian enter. Apa yang terjadi?? Masuk halaman google bukan?

Sederhananya, hosting merupakan tempat penyimpanan data, sedangkan nama domain adalah nama atau alamat saja.

About Iezel lee

Iezel lee

0 komentar:

Posting Komentar