latest Post

Rakit PC Gaming Murah Harga 2 Jutaan (bisa main dota 2 dan GTA V)

Ga salah zel? Emang duit cuman 2 jutaan bisa dapetin PC gaming???
Bisa kok bisa, tenang aja. Rakitan PC ini udah di tes sama beberapa orang.
Di post sebelumnya yang ini Rakit PC Gaming Harga 3 jutaan! (GTA V, DOTA 2, dll) mungkin aku bilangnya ga bisa 2 jutaan dapet yang gaming tapi itu salah. Kenyataannya ada orang yang bisa racik pc untuk gaming dengan budget cuman 2 jutaan aja.

Ada 3 versi untuk rakit PC gaming harga 2 jutaan ini. Mau tau bagaimana ulasannya??
Yuk lanjutt

Versi pertama

Di rakit PC versi pertama ini dibuat oleh seorang ahli rakit PC untuk temannya yang seorang tukang sate yang hobi gaming. Mereka berteman sejak sering bertemu di warnet sekitar tahun 2005. Karena sama-sama suka bermain game. Dia menjalankan bisnis Sate, di Medan. Kemudian dia minta tolong untuk dibantuin build PC yang bisa untuk gaming, lebih spesifiknya game Dota 2. Tapi mintanya yang hanya budget 2 jutaan aja. Waw, tapi maklum aja sih karena dia sudah berkeluarga punya anak tiga, karena istri si tukang sate juga cuman ngebolehin ngasih budget 2 jutaan, akhirnya dia nyaranin untuk menggunakan spek-spek yang pas untuk gaming dengan harga low. 
Bagaimana spek untuk build PC harga dua jutaan? yuk simak ulasan berikut.

1. Prosesor

Prosesor yang dipakai untuk Rakit PC harga dua jutaan ini adalah Intel Pentium G620 2.6Ghz. Dengan clock diatas 2.5 gHz saya rasa sudah cukup mampu untuk melakukan multitasking dan memproses aplikasi atau game yang cukup berat.

2. MotherBoard

Lalu untuk Mobo yang digunakan adalah Bulldozerr H61 Socket 1115 Sandy Bridge

3. Hardisk

Hardisk yang digunakan adalah Seagate 320GB, saya rasa dengan kapasitas hanya segitu masih cukup lah untuk menyimpan beberapa game atau file pribadi. Kalau kalian lebih butuh ruang penyimpanan lebih banyak bisa diganti dengan kapasitas lebih besar. Tapi mending ini saja untuk menekan harga.

4. RAM

Untuk RAM disini memakai Micron DDR3 4GB, kalau punya budget lebih bisa ditambahkan lagi agar lebih powerfull untuk memainkan game.

5. VGA Card

Kali ini memakai VGA Card Powercolor Radeon HD 6570 1GB ddr3, ini udah mantep banget dan siap untuk melahap game-game dengan settingan menengah ke bawah

6. Case

Untuk Casing bisa menggunakan SPC Transformers, dan memang ada bonus PSU. Namun walau ada PSU bawaan ini ga rekomended. Jadinya PSU pakai ini yang dibawah

7. PSU

PSU yang digunakan yaitu Imperion Extreme 550W, PSU ini sudah cukup bagus digunakan untuk spek build pc yang akan digunakan. Daripada PSU bawaan case, mendingan diganti dengan PSU ini saja

Untuk mencoba bagaimana kemampuan build PC ini adalah pada Game.

Game percobaan pertama adalah game cacat yaitu poin baling, dengan setting rata medium dan dibumbui dengan hujan bom dari para Cheater, PC ini mampu memberikan rata-rata FPS sebesar 61.

Selanjutnya Minecraft dengan settingan rata kiri (low)  FPS rata-rata yang dihasilkan berada di angka 311, tertinggi di 463 FPS. Memang untuk game minecraft, FPS dengan angka segitu tidak begitu mengherankan, namun jika dengan PC budget yang hanya 2 jutaan, nilai FPS sebesar itu sudah memuaskan.

Percobaan lagi yaitu pada game Dota 2, yang merupakan keinginan si tukang sate. Di game dota 2 ini dengan settingan rata kiri (low) resolusi 720p, PC ini mampu melahap game ini dengan FPS rata-rata 51, dengan FPS maks di angka 86. Ini yang membuat puas dengan budget 2 jutaan, kebutuhan permainan Dota 2 yang playable bisa terpenuhi.

Sebagai bonus yaitu game GTA V, dengan settingan rata kiri (low) PC ini bisa menghasilkan rata-rata 32 FPS, angka yang cukup memuaskan mengingat budget yang digunakan hanya sebesar 2 jutaan saja. Kekurangannya adalah terkadang terjadi loading tekstur dari grafis map yang terasa lambat, meski tidak menyebabkan lag, cuma mungkin kalau lagi balap kalian jadi bingung lagi dimana karena jalannya yang loadingnya patah-patah. Ini karena RAMnya yang cuman 4 GB. Kalau kalian mau main game ini dengan lebih baik, kalian bisa menambahkan RAM jadi 6GB atau jadi 8GB.

Ya seperti itulah hasil yang didapat dari build PC dengan budget 2 jutaan.
Untuk lebih jelas melihat komponen beserta total harganya bisa lihat di tabel berikut


Komponen
Harga
Intel Pentium G620 2.6 gHz
Rp. 400.000
Bulldozer H61
Rp. 460.000
Seagate 320 GB
Rp. 250.000
Micron DDR 3 4GB
Rp. 320.000
Powercolor HD 6570 1GB DDR3
Rp. 495.000
SPC Transformer
Rp. 210.000
Imperion Extreme 550w
Rp. 135.000
Total
Rp. 2.270.000
Mungkin cara build PC ini adalah jawaban bagi anda yang ingin gaming tapi dengan budget minim.
Bagi yang ingin melihat videonya bisa klik tautan berikut
https://www.youtube.com/watch?v=ZzBm3nyNoC8
Kemudian kita lanjut ke versi kedua

Versi Kedua
Lagi proses pengetikan, tunggu aja updatenya

About Iezel lee

Iezel lee

6 komentar:

  1. fps gta 5 kira kira dapet berapa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 30an gan..tapi agak maksa sih..kurang enjoy mainnya karena load tekstur patah-patah

      Hapus
  2. kalo PC gaming 2,5jtaan yang bisa buat CS:GO setting low ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya settingan yang tadi disebutin udah cukup buat ngangkat CS:GO gan, soalnya saya liat liat di requirementnya kan butuh 2,4 GHz nah di rakitan tadi kan dapet 2,6 GHz. Terus RAMnya cuma butuh 2GB nah di rakitan tadi dapet 4GB grafisnya juga udah ketutup ama Radeon 1GB..Jadi saya kira cukup aman buat main CS:GO setting low..

      Hapus
  3. kalo main fornite ?? tapi yang 3 jutaan

    BalasHapus
  4. salam dari blog saya gan juga bahas rakit pc gaming 2jutaan di 2020 kalau ada yg mau mampir monggo :)
    https://the-timitami.blogspot.com/2020/04/rakit-pc-gaming-murah-2juta.html

    BalasHapus