latest Post

23 Tanda Bahwa Kamu itu Introvert

foto gue waktu di parangtritis

Heyooo??? Apa kabar??
Baik?? Masih hidup??
Ya syukur dehhh, gue mau curhat nihh..

Kemarin kemarin gue nanya ke temen gue..

Gue : "Eh, gue mau tanya deh.."

Temen gue: "iya, tanya apa??"

Gue : "Lu pernah ga sih, ngrasa cemas di keramaian?? kaya ngarasa asing gitu"

Temen gue : "Kaga, biasa aja.."

Gue  : "jangan jangan gue ada masalah psikologi ya??"

Temen gue : "ya gatau..mungkin aja..ehh lu pernah ditanya gini ga,,---ada anak kecil, waktu dikasih hadiah malah nangis, kira kira kenapa anak kecil itu nangis??---"

Gue : Belum weh, yaudah gue jawab...---mungkin karena lagi ada masalah tersendiri sama orang yang ngasih---

Temen gue yang lain ikut jawab : "ya ngga lah, paling karena ga suka sama hadiahnya"

Temen gue : "hahaha, kayaknya lu emang ada masalah psikologi..jawaban orang normal tuh kaya dia,,anak kecil nangis karena ga suka sama hadiahnya"

Gue : "lah, kalo gue misal ga suka juga ga bakal nangis, justru orang dikasih ya terserah yang ngasih..kecuali kalo gue ga suka ama orang yang ngasih baru gue nangis haha"

Temen gue :"haha, tapi namanya anak kecil zel, tapi lu untungnya bukan psikopat!!"

Gue : "darimana lu tau?"

Temen gue : "soalnya kalo psikopat jawabnya nyeremin, misal ---karena anak kecilnya ga punya kaki---dia bayanginnya hadiahnya bola pasti.."

Gue : "oooh gitu,,kalo aja punya temen anak psikologi ya..gue pengen tau sebenernya gue kenapa"

nah karena gue ga punya anak psikologi dan agak males juga sih buat nanya ke orang lain..
akhirnya abis itu gue iseng iseng cari di internet, dan wuuzzzzz..dapet deh keyakinan kalo gue ga ada masalah psikologi!!
Setelah diresapi dan dihayati, kayaknya gue itu punya watak cenderung introvert..dan ini hal yang wajar buat beberapa orang, artinya di dunia ini introvert ga sendiri dan ga buruk reputasinya..ada artis bahkan CEO ada juga yang orangnya introvert kok..
mau tau apa informasi yang gue dapetin??
yuk baca

 23 Tanda Bahwa Kamu itu Introvert

1. Ngerasa Obrolan kecil/basa basi menjadi suatu beban

Introvert tuh fobia sama yang namanya basa-basi, karena buat mereka basa-basi tuh sumber kecemasan tersendiri, dan menimbulkan rasa jengkel yang ga jelas.
Bagi banyak orang pendiam, basa-basi akan terasa suatu hal yang ga tulus.
Tapi perlu diperjelas ya bro..
“Introvert ga benci basa-basi karena ga suka sama orangnya”
Yang bikin introvert benci basa – basi tuh soalnya basa-basi cuma jadi hambatan bagi introvert buat berhubungan sama orang-orang.

2. Pergi ke suatu pesta tapi bukan karena ingin menemui orang-orang

Kalo lu introvert, mungkin kadang bisa nikmatin pesta. Tapi lu pergi bukan karena pengen ketemu orang-orang. Di pesta, kebanyakan introvert ngabisin waktu cuma sama orang-orang yang udah lu kenal, dan ngerasa nyaman buat di sekitarnya. Ya walau ada juga sih yang dapetin kenalan sama orang baru yang nyambung..tapi ketemu sama orang baru bukan jadi tujuan lu

3. Lu seringkali ngerasa sendiri di keramaian

via sastraananta.com

Pernah ngerasa kayak orang asing di tengah-tengah keramaian??
Di kegiatan kelompok, bahkan sama orang yang lu kenal??

Kalo lu cenderung temuin diri lu ngerasa sendiri di tengah orang banyak, lu mungkin introvert – kata tante Dembling..kita lebih milih biarin temen-temen buat pada ngajak, daripada dateng sendiri  secara sukarela..

4. Pujian terasa palsu

Pujian bisa bikin ngerasa sesuatu yang ga jujur ​​bagi introvert.
Introvert mendambakan keaslian dalam  interaksi mereka. Sedangkan pujian tuh kesannya dibuat – buat, dan justru bikin ga nyaman bagi introvert

5. Introvert sering dibilang terlalu dalem..terlalu serius..




Lu punya kecenderungan buat ngobrolin filosofis dan suka buku atau film tentang pemikiran? Kalo kaya gitu, berarti lu introvert.
Introvert seringkali mikir nyampe dalem," kata tante Dembling.

6. Gampang bingung

Kalo ekstrovet tuh cenderung gampang bosen kalo gabut (red:ga ada kerjaan),
Sedangkan introvert malah bingung, kewalahan kalo di lingkungan yang kelebihan stimulasi (red: banyak kegiatan/interaksi)
Ekstrovert biasanya lebih gampang bosen daripada introvert kalo di kegiatan-kegiatan yang monoton, mungkin karena mereka butuh berkembang di lingkungan yang banyak stimulasi, kata peneliti Clark University di sebuah makalah yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology.
“sebaliknya, introvert lebih mudah terganggu dibandingkan ekstrovert dan karenanya lebih milih di lingkungan yang relatif unstimulating.”

7. Waktu gabut (red: ga ada kerjaan) bukan berarti ga produktif bagi introvert




Salah satu karakteristik yang paling mendasar dari introvert adalah mereka perlu waktu sendirian buat isi ulang baterai mereka.
Sedangkan seorang ekstrovert mungkin bosan atau gelisah menghabiskan hari di rumah sendirian dengan teh dan rokok atau baca buku, waktu gabut gini tuh bagi introvert terasa perlu dan begitu memuaskan.

8. Masih mending ngomong di depan 500 orang stres daripada harus berbaur sama orang-orangnya abis itu.

Introvert bisa jadi pemimpin yang sangat baik dan pembicara publik, meskipun mereka distereotipkan sebagai pemalu, mereka ga selalu ngehindar dari publik.
Sebut aja Lady Gaga, Christina Aguilera dan Emma Watson..mereka semua teridentifikasi sebagai introvert, dan juga diperkirakan 40 % CEO punya kebribadian introvert.
Sebaliknya, seorang introvert bakalan berjuang lebih buat ketemu dan menyapa orang banyak secara individual.

9.  Pas lu naik kendaraan umum, lu pengen duduknya yang di pojok




Kalo bisa, introvert cenderung ngehindar buat dikelilingi orang-orang di semua sisi. "Kami cenderung untuk duduk di tempat di mana kita bisa pergi ketika kita siap - dengan mudah," kata tante Dembling. "Ketika saya pergi ke teater, saya ingin kursi belakang."

10. Lu pengen bebas dan berhenti dari aktivitas yang terlalu lama

Lu mulai bosan dan ga responsif setelah keluar rumah terlalu lama? Ini mungkin karena lu lagi nyoba buat ngehemat energi. Semua yang introvert lakukan di dunia luar bikin mereka ngeluarin energi, abis itu mereka pengen buru-buru berhenti dan ngisi baterai mereka di lingkungan yang tenang, kata Dembling. Kalo ada tempat yang tenang, ya itu pilihan terbaik buat introvert datengin

11. Lu lebih suka punya hubungan sama seorang ekstrovert.



Emang bener kalo berlawanan itu menarik, istilahnya saling melengkapi lah..ciyeee
Introvert sering tertarik sama ekstrovert, yang sering bawa introvert keluar dari dunianya buat bersenang-senang.

Kadang introvert ngasihin hatinya buat ekstrovert karena mereka dapat merasakan sensasi kegembiraan yang meletup-letup wkwk.

12. Lu lebih suka jadi ahli pada satu hal daripada nyoba buat ngelakuin segala sesuatu.

Introvert lebih suka gunain otaknya buat fokus dan berpikir tentang hal-hal tertentu untuk sementara waktu, jadi mereka cocok diarahin buat studi intensif dan keahlian berkembang.

13. Lu menghindari acara yang melibatkan partisipasi penonton.

Lu pasti tau lah, ada ga sih yang lebih menakutkan dari itu?
Misal tiba tiba disuruh ngasih kesan dan pesan ke depan panggung, tiba tiba disuruh nyanyi..
Si bangsat haha..mending gausah ikut acara itu!!??

14. Lu kalo ditelpon pikir-pikir dulu buat ngangkat




lu mungkin ga ngangkat telepon bahkan dari orang yang lu suka, tapi lu bakal nelpon mereka kembali setelah lu siap mental dan telah berkumpul energi buat ngobrol.
ya misal aja mau ngangkat, lu tetep pikir –pikir dulu dan setelah siap baru ngangkat.

15. Lu kalo ngeliat sesuatu lebih teliti dari orang lain

Meski dibilang introvert kewalahan kalo terlalu banyak stimulasi, tapi justru introvert punya mata yang tajam buat merhatiin kamu iya kamu..bahkan mungkin hal hal yang orang lain ga liat.
Penelitian telah nemuin bahwa introvert menunjukkan peningkatan aktivitas otak saat memproses informasi visual, dibandingkan dengan ekstrovert

16. Lu punya monolog batin yang terus berjalan.




"Ekstrovert ga punya monolog batin yang sama seperti yang kita lakukan," kata tante Olsen Laney.
Kebanyakan introvert harus berpikir dulu sebelum ngomong atau bertindak.

17. Lu punya tekanan darah rendah.

Sebuah studi 2006 di Jepang temuin bahwa introvert cenderung punya tekanan darah lebih rendah daripada rekan-rekan ekstrovert mereka.

18. Lu udah disebut "dewasa" - sejak 20-an.




Introvert mengamati dan meresapi banyak informasi, dan mereka berpikir sebelum mereka berbicara, yang menyebabkan mereka untuk tampil bijaksana buat orang lain. "Introvert cenderung berpikir keras dan analitis," kata tante Dembling. "Itu bisa membuat mereka tampak bijaksana."

19. Lu ga merasa terlalu terpengaruh oleh lingkungan lu

Peneliti menunjukkan fenomena ini dengan memberikan Ritalin - obat ADHD yang merangsang produksi dopamin di otak - untuk mahasiswa introvert dan ekstrovert. Mereka menemukan bahwa ekstrovert lebih cenderung mengasosiasikan perasaan euforia yang dicapai dengan dopamin dari lingkungan mereka berada
Sebaliknya, introvert tidak menghubungkan perasaan euforianya dari lingkungan dia berada. Penelitian "menunjukkan bahwa introvert memiliki perbedaan mendasar dalam seberapa kuat mereka memproses efek dari lingkungan mereka, introvert lebih terpengaruh  oleh keadaan pemikiran internalnya daripada motivasi eksternal dan efek dari lingkungan" jelas LiveScience ini Tia Ghose.

20. Lu ngeliat gambaran besar.

Ketika bicarain tentang cara introvert berpikir, Jung ngejelasin bahwa mereka lebih tertarik pada ide-ide dan gambaran besar daripada fakta dan rincian. Ya meski kita tau, banyak introvert unggul dalam tugas berorientasi pada detail - tetapi sebenarnya mereka sering punya pikiran untuk konsep yang lebih abstrak juga. "Introvert benar-benar menikmati diskusi abstrak," kata tante Dembling.

21. Lu pernah dibilangin buat "keluar dari cangkang lu"

Banyak introvert mengira ada sesuatu yang "salah" dengan mereka karena mereka ngerasa kurang vokal dan tegas daripada rekan-rekan mereka.
Sehingga ada orang yang sering bilangin, lu tuh baiknya keluar dari cangkangnya atau lebih berpartisipasi dalam sosial.
Kalau ada saudara atau adik atau anak kecil yang kaya gitu, mungkin aja dia itu orangnya introvert, jangan terlalu memaksanya lah ya,
Soalnya mungkin aja banyak hal yang bisa aja begitu menyiksa buat mereka.

22. Lu seorang penulis.

Introvert sering lebih baik berkomunikasi secara tertulis daripada ngomong langsung,  dan banyak yang tertarik buat jadi soliter, atau profesi kreatif menulis. Kebanyakan introvert mengatakan bahwa mereka merasa paling kreatif ketika mereka memiliki waktu untuk menyendiri dengan pikiran mereka.

23. Lu bisa aja kerja, bersosial..tapi tetap aja lu bakal tau kalo lu introvert

Introvert bisa membatasi titik introvert mereka, yang menentukan bagaimana mereka harus menyeimbangkan kesendirian dengan kegiatan sosial. Tapi ketika mereka beraktivitas terlalu banyak - mungkin dengan over- mengerahkan diri dengan terlalu banyak bersosialisasi dan kesibukan - mereka mendapatkan stres dan perlu untuk kembali ke diri mereka sendiri, menurut tante Olsen Laney. Ini bisa karena akibat dari aktivitas sosial yang tinggi, dan kemudian menyeimbangkan keluar dengan periode kebatinan dan kesendirian.

"Ada titik pemulihan yang tampaknya berkorelasi dengan berapa banyak interaksi yang Anda lakukan," kata tante Dembling. "Kita semua memiliki siklus pribadi kita sendiri."

Sumber informasi
www.huffingtonpost.com


Setelah gue udah tau kalo gue introvert, gue makin sayang sama diri gue sendiri..wkwk
Jadi introvert itu bagus..
Kalimat terakhir


"Introvert itu Hebat!!" 

Yuk kasih pendapatmu di komentar

Share informasi ini biar temen-temenmu pada tau

About Iezel lee

Iezel lee

2 komentar:

  1. Mungkin gue gitu, apalagi banyak yang sesuai, makin percaya pas nomer 22.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa aja, mungkin lu cenderung introvert..

      Hapus